Lubuklinggau – Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Eh, Bang, Bu, Non, Abang, atau Ustadzah yang budiman, ente semua pasti udah siap-siap mau mudik kan? Bener nggak tuh? Yaa namanya juga tradisi tiap tahun, momen pulang kampung buat ngumpul bareng keluarga, makan ketupat, opor ayam, sampe nyumbang suara di pengajian RT. Tapi, sebelum kaki melangkah ke kampung halaman, jangan sampe ente lupa satu hal penting: mobil ente kudu dicek dulu!
Ibarat mau pergi lamaran, masa iya ente dateng ke rumah calon cuma modal minyak wangi doang tapi baju kusut dan belum mandi? Nah, begitu juga sama mobil. Harus rapi jali, siap tempur, dan gak bikin malu di jalan tol.
Di artikel ini, ane mau ngasih tau 14 komponen mobil yang wajib dicek sebelum mudik. Udah kayak rukun Islam versi otomotif lah. Yuk kita bedah satu-satu, tapi santai aja… pake gaya Betawi dan santri biar seger bacanya. Cekidot!
1. Oli Mesin – Darahnya Mobil, Bang!
Mobil itu kalo kagak dikasih oli, ya sama aja kayak manusia kekurangan darah. Loyo, seret, dan bisa pingsan di tengah jalan. Oli itu yang melumasi mesin biar gak aus dan gesekannya halus. Kalo oli udah item pekat, encer kayak air comberan, udah waktunya diganti tuh, Bang!
Tanda-tanda oli harus diganti:
- Warna item banget
- Bau sangit
- Mesin berisik kayak emak-emak ngerumpi
Saran: Ganti oli tiap 5.000 km atau sesuai rekomendasi pabrik. Jangan sampe nunggu mesin ngebul baru nyadar!
2. Air Radiator – Penjaga Suhu Badan si Mobil
Radiator itu kayak kipas angin di pesantren pas siang bolong. Menyegarkan! Nah, air radiator jagain suhu mesin biar gak overheat alias kepanasan. Kalo air radiator abis, mesin bisa ngebul kayak dukun lagi manggil angin.
Cara cek gampang:
- Tunggu mesin dingin
- Buka tutup radiator
- Liat airnya cukup apa enggak
- Tambah coolant, jangan air comberan!
Saran: Bawa cadangan air radiator di bagasi. Nggak makan tempat kok, tapi bisa nyelametin ente dari mogok dadakan.
3. Rem – Jangan Sampai Ngerem Pake Doa Doang
Bang, rem itu penting! Jangan sampe ente ngerem pake tangan atau nyuruh penumpang baca doa keras-keras saking paniknya.
Tanda-tanda rem bermasalah:
- Pedal rem dalem banget
- Mobil gak langsung berhenti
- Bunyi “ngiiik” kayak anak kecil nangis
Saran: Cek kampas rem, minyak rem, dan sistem rem keseluruhan. Jangan pelit buat ganti kampas rem kalo udah tipis. Murah dibanding nyawa!
4. Aki – Si Tukang Cas Mobil
Aki itu ibarat tukang listriknya rumah. Kalo dia loyo, semua mati: lampu, starter, radio, sampe AC. Jangan sampe ente niat mudik tapi mobil malah diem aja kayak patung Pancoran.
Tanda aki lemah:
- Starter lambat
- Lampu redup
- Bunyi klakson cempreng
Saran: Cek tegangan aki (12.4–12.7 volt normalnya). Bersihin terminal aki dari kerak putih tuh, Bang. Kayak bersihin kerak dosa, kudu rutin!
5. Ban – Alas Kaki Mobil
Ban itu ibarat sendal jepit buat mobil. Kalo aus, bisa licin. Kalo tipis, bisa meledak. Kalo tekanan angin kurang, bisa boros BBM.
Tips cek ban:
- Cek tekanan angin: mobil keluarga biasanya 30–35 psi
- Liat alur ban, masih dalam apa udah botak kayak kepala pak RT
- Jangan lupa ban serep!
Saran: Ganti ban kalo udah umur 3–5 tahun atau alurnya udah menipis. Jangan sampe ban sobek pas di tanjakan, bisa jadi sinetron tuh.
6. Lampu-Lampu – Mata Mobil di Malam Hari
Lampu itu penting, Bang. Apalagi kalo mudiknya malam hari. Lampu depan, rem, sein, sampe lampu kabut, semua kudu nyala kayak hatimu yang penuh cinta (ceileh…).
Yang harus dicek:
- Bohlamnya masih nyala
- Mika lampu gak retak
- Setel arah lampu biar gak bikin silau pengendara lain
Saran: Bawa bohlam cadangan, harganya murah tapi nyelametin nyawa!
7. Wiper dan Air Wiper – Si Sapu Muka
Pas hujan turun, ente butuh wiper. Jangan sampe wiper malah ngesot di kaca kayak ular kesetrum. Air wiper juga jangan diisi air got ya, isi cairan khusus biar bersihnya maksimal.
Ciri-ciri wiper harus diganti:
- Kaca burem walau udah disapu
- Karet wiper pecah-pecah
Saran: Cek fungsi wiper dan semprotan airnya. Biar kalo hujan turun, ente tetap bisa liat masa depan… eh, jalan maksudnya.
8. AC Mobil – Penyejuk di Kala Panas
Mudik siang bolong tanpa AC? Waduuhh… bisa jadi sauna gratis. AC yang sehat bikin keluarga ente betah di jalan, apalagi emak-emak yang demen nyetelin lagu lawas.
Tanda AC bermasalah:
- Angin kecil, dinginnya kagak ada
- Bau apek keluar dari ventilasi
- Suara mesin AC berisik
Saran: Cek freon dan filter kabin. Cuci evaporator kalo perlu. Biar adem kayak hati yang habis lebaran saling maafin.
9. Filter Udara – Paru-Parunya Mesin
Filter udara yang kotor bikin mesin megap-megap kayak santri habis lari keliling pesantren. Tenaga ngedrop, BBM boros. Gak asik deh!
Cara cek:
- Buka filter, kalo udah hitam pekat, ganti
- Biasanya diganti tiap 10.000 km
Saran: Jangan anggap remeh filter. Ini yang nyaring udara dari debu, pasir, sampe jinn yang lewat… eh, kagak ding.
10. Kaki-Kaki Mobil – Penopang Kehormatan
Kaki-kaki mobil itu kayak sendi lutut manusia. Kalo bermasalah, bisa bunyi “klutak-klutak”, oleng, dan bikin ente was-was tiap lewatin polisi tidur.
Yang dicek:
- Suspensi
- Tie rod
- Ball joint
- Shockbreaker
Saran: Kalo mobil udah mulai goyang gak jelas, langsung cek ke bengkel. Jangan nunggu mobil jadi “dangdut keliling” baru sadar.
11. Sabuk Pengaman – Jangan Cuma Pajangan!
Jangan cuma dipake biar gak kena tilang, sabuk pengaman itu penyelamat nyawa, Bang. Jangan sampe kagak berfungsi pas dibutuhin.
Cara cek:
- Tarik sabuk, pastiin gak macet
- Lock dan unlock normal
- Liat ada benang yang putus nggak
Saran: Ajak penumpang juga pake sabuk, jangan cuma sopir doang. Keselamatan itu hak semua orang, bukan eksklusif kayak nasi kotak pengajian.
12. Sistem Kemudi – Setir Itu Amanah!
Setir mobil itu kayak pemimpin. Kalo dia goyah, anak buahnya bingung. Pastikan kemudi ente ringan, responsif, dan gak belok sendiri kayak hati orang jomblo labil.
Tanda masalah:
- Setir berat
- Ada bunyi pas belok
- Mobil gak balik arah abis belok
Saran: Cek power steering, olinya cukup apa kagak. Jangan sampe ente belok kanan, mobil malah ngotot ke kiri.
13. Transmisi – Penyalur Tenaga Sejati
Baik matic atau manual, transmisi kudu halus. Jangan sampe pindah gigi malah bunyi “grek!” kayak orang kejedot pintu mushola.
Yang dicek:
- Oli transmisi
- Pindah gigi lancar apa seret
- Gak ada suara aneh
Saran: Servis transmisi berkala. Mobil matic apalagi, lebih manja dari mantan.
14. Kelengkapan Darurat – Jangan Anggap Sepele!
Nah ini sering dilupain: alat darurat. Padahal bisa jadi penyelamat pas mogok tengah jalan atau ban bocor di hutan jati.
Isi standar:
- Segitiga pengaman
- Dongkrak dan kunci roda
- Kotak P3K
- Senter dan jas hujan
Saran: Simpen rapi di bagasi, jangan ditaro di bawah tumpukan kardus kerupuk lebaran.
Tips Tambahan Biar Mudik Makin Adem Ayem
- Servis ke Bengkel Resmi atau Langganan
Jangan asal bengkel murah tapi kerjaannya kayak asal-asalan. Pilih yang terpercaya, bersih, dan teknisinya sopan. Kalo bisa ada garansi! - Bawa Tool Kit Sendiri
Obeng, tang, lakban, senter—siapa tau perlu, kayak saat darurat lampu mati di tol. - Download Aplikasi Navigasi
Google Maps atau Waze. Tapi siapin juga aplikasi offline buat jaga-jaga sinyal ilang pas di kampung. - Istirahat Cukup
Jangan maksain nyetir 12 jam nonstop. Ente bukan robot. Istirahat tiap 2-3 jam. Bisa ngopi atau tidur-tiduran bentar di rest area.
Yaa begitulah, Bang, 14 komponen yang mesti ente periksa sebelum mudik. Jangan sampe niatnya ketemu emak, malah ketemu montir di tengah jalan. Ibarat mau ngaji, kitabnya kudu dibawa. Mau mudik, mobil kudu siap! Inget ya, keselamatan ente dan keluarga lebih penting dari buru-buru nyampe. Biar mudiknya barokah, selamat, dan bisa makan ketupat bareng keluarga besar di kampung halaman. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung ke infocerdas.co.id